Surat Suara Pilpres 2024 di Sejumlah TPS di Bateng Kurang, KPU Babel Ungkap Dugaan Biang Keroknya

Surat Suara Pilpres 2024 di Sejumlah TPS di Bateng Kurang, KPU Babel Ungkap Dugaan Biang Keroknya

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kekurangan ratusan surat suara Pilpres 2024 di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bangka Tengah (Bateng) terjadi pada hari pencoblosan, Rabu (14/2/2024).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bangkapos.com, pengawas Pemilu membeberkan ada sekitar 70 surat suara kurang di TPS Namang, 25 surat suara kurang di salah satu TPS Berok Koba dan 9 surat suara di TPS 003 Desa Guntung, Koba.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengakui telah menerima laporan permasalahan ini.

Menurut dia, permasalahan segara diantisipasi.

“Semuanya sudah dalam proses bagaimana kita mengantisipasi, kita sudah dapat informasi dari kawan-kawan KPU, sampai ditutup nanti jam 13.00 WIB diupayakan bisa memilih semuanya, InsyaAllah semu bisa berjalan dengan baik,” ujar Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.

“Nanti detil di KPU, kami sudah koordinasi dengan teman KPPS dan KPU juga, kekurangan itu diantisipasi dengan tidak hadirnya undangan yang telah disampaikan, ada yang meninggal, pindah domisili dan pindah memilih, kekurangan itu yang akan menutupi yang kurang tadi, misal 5 kurangnya bisa diantisipasi dengan itu,” jelasnya.

KPU Ungkap Dugaan Penyebab

Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Husin buka suara soal kekurangan surat suara pada beberapa tempat pemungutan suara (TPS) seperti terjadi di Bangka Tengah.

Dia menduga,kekurangan surat suara tersebut mungkin terjadi karena adanya kesalahan saat pengepakan logistik di gudang KPU Kabupaten/Kota.

“Terkait kekurangan itu bukan berarti (pengadaan) surat suara kurang, mungkin saat proses pengepakannya. Pada hakikatnya, sesuai aturan, pemenuhan surat suara itu sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah dua persen surat suara cadangan,” ujar Husin, Rabu (14/2/2024).

Menurut dia, ketika terjadi kekurangan surat suara di satu TPS, kemungkinan besar surat suara itu terkirim ke TPS lain.

“Solusinya sudah kami sampaikan pada KPU Kabupaten/Kota setempat, untuk melakukan (penelusuran) surat suara itu dimana. Bisa jadi, ketika satu TPS kurang, ada kelebihan di tempat lain,” terangnya.

“Kalau ada kelebihan di tempat lain, itu yang akan kami geser (ke TPS yang kekurangan suara suara). Kami ingin memastikan surat suara di setiap Kabupaten/Kota sudah terpenuhi,” paparnya.

Husin menolak jika disebut terjadi kekurangan surat suara pada pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 di Bangka Belitung kali ini.

“Bukan nanti dikatakan Pemilu kita kekurangan surat suara, tidak. (Kalau disebut) karena kekurangan surat suara akibat yang rusak kemarin, itu sudah kita ganti. Artinya jumlahnya tetap, dan yang kita distribusikan itu sudah cukup. Tetapi ketika terdapat kekurangan saat pelaksanaan pemilu, itu kelalaian saat pengepakan,” tuturnya.

(Bangkapos.com/Rifqi Nugroho/ Cici Nasya Nita)

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *