KIP Aceh Utara Janji Telusuri Petugas KPPS yang Tak Izinkan Memotret C-Hasil

Sejumlah Caleg DPR RI melaporkan kepada Panwaslih Aceh Utara terkait adanya perbedaan jumlah suara pada C-Hasil Plano dengan C1-Salinan.

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara berjanji akan menelusuri jika ada petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan (KPPS) yang tidak mengizinkan saksi dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) memotret C-hasil atau plano. 

Untuk diketahui sejumlah Caleg DPR RI melaporkan kepada Panwaslih Aceh Utara adanya perbedaan jumlah suara pada C-Hasil Plano dengan C1-Salinan. 

Padahal seharusnya angka atau jumlah suara pada C-Hasil dengan C1-Salinan harus sama. 

Namun, persoalannya, tidak semua Pengawas TPS mendapat kesempatan untuk memotret C-Hasil Plano dan tidak semua PTPS mendapatkan C1-salinan dari KPPS

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara Hidayatul Akbar SH kepada Serambinews.com Minggu (18/2/2024) menyebutkan, KPPS wajib memberikan kesempatan kepada masyarakat, saksi dan PTPS serta memantau Pemilu untuk memotret C Hasil Plano. 

Jika dihalangi memotret oleh KPPS, itu kesalahan prosedural, hal itu sesuai Pasal 59 Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum. 

Karena itu kata Hidayatul Akbar, pihaknya akan menelusuri informasi tersebut. Sebab KIP Aceh Utara sudah menginstruksikan kepada PPK dan PPS untuk mengikuti prosedur dalam pemungutan dan penghitungan suara. 

“C-Hasil itu bila tidak sempat dipotret, dapat diperoleh secara umum melalui info pemilu karena dipublikasikan,” katanya. 

Namun, saat ini terjadi antrean dalam proses upload di aplikasi Sirekap milik KPU.(*)

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *