Kisah Art Yuni Nekat Maju Caleg Bermodalkan Rp2,5 Juta, Segini Jumlah Suara Diraihnya di Pemilu 2024

Meskipun dengan modal terbatas, Yuni berprofesi sebagai Art berhasil meraih suara yang cukup signifikan.

BANGKAPOS.COM–Yuni Sri Rahayu, seorang Asisten Rumah Tangga (ART), telah mencuri perhatian sebagai seorang calon legislatif DPRD DKI Jakarta dari Partai Buruh dalam Pemilu 2024.

Meskipun dengan modal terbatas, Yuni berhasil meraih suara yang cukup signifikan.

Dengan hanya mengeluarkan dana sebesar Rp 2,5 juta untuk biaya administrasi dan alat peraga kampanye, Yuni telah menunjukkan keberaniannya untuk maju sebagai calon anggota DPRD DKI.

“Total sudah habis Rp 2,5 juta. Uang ini saya pakai untuk biaya administrasi awal dan pembuatan alat peraga kampanye (APK),” ujarnya pada 1 Februari 2024 lalu, seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Yuni menjelaskan bahwa dari total biaya tersebut, Rp 500 ribu digunakan untuk administrasi, sementara sisanya untuk pembuatan APK seperti poster, stiker, dan gantungan kunci. Seluruh modal kampanye tersebut berasal dari gajinya sebagai ART, yang ia tabung setiap bulannya.

“Sebelum resmi jadi caleg kan ada beberapa tes, nah jadi saya keluar uang pribadi juga di sini, selain biaya kampanye ya,” tutur dia.

Yuni mengaku seluruh modal kampanye itu berasal dari gaji yang diperoleh sebagai ART.

Dia menceritakan bahwa gaji yang dirinya terima ditabung setiap bulannya.

Di sisi lain, Yuni tidak bisa berkampanye layaknya caleg-caleg lainnya seperti pemberian bingkisan atau bantuan sosial (bansos).

Alhasil, dirinya berinisiatif untuk berkampanye di wilayah yang berpotensi menjadi lumbung suaranya.

“Kalau saya mah enggak bisa ngasih minyak gitu, bingkisan. Jadi saya sosialisasi di salah satu tempat serikat kami (ART), di wilayah Fatmawati,” tuturnya.

Meskipun tidak bisa melakukan kampanye dengan memberikan bingkisan atau bantuan sosial seperti caleg lainnya, Yuni tetap berusaha menyosialisasikan dirinya di wilayah Fatmawati, tempat serikat ART yang ia ikuti.

Hasil real count KPU menunjukkan bahwa Yuni berhasil masuk lima besar dalam perolehan suara di Partai Buruh, bersaing dengan caleg lainnya.

Adapun data tersebut per Sabtu (17/2/2024) pukul 11.30 WIB.

Halaman selanjutnya

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *