Pendaftaran IAIN SAS Bangka Belitung Jalur SPAN PTKIN Telah Dibuka, Gratis dan Tanpa Ujian

Sebelum siswa mendaftar pada jalur SPAN-PTKIN, sekolah wajib mendaftarkan siswanya pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) berdasarkan penja…

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Sidik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel) telah membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2024-2025.

Penerimaan mahasiswa baru TA 2024-2025 dibuka melalui jalur pertama Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( SPAN PTKIN).  

Pendaftaran SPAN PTKIN secara nasional yang dibuka secara resmi pada tanggal 12 Februari 2024 ini gratis dan tanpa ujian seleksi. 

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional dan serentak oleh seluruh perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sebelum siswa mendaftar pada jalur SPAN-PTKIN, sekolah wajib mendaftarkan siswanya pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio pada laman https://pdss.ptkin.ac.id/ yang sudah ditutup pada tanggal 10 Februari 2024 kemarin.

Setelah itu, siswa kelas XII tahun 2024 yang sekolahnya sudah terverifikasi pada PDSS, dapat mendaftarkan diri melalui laman https://siswa.ptkin.ac.id/ mulai tanggal 12 Februari hingga 15 Maret 2024. Hasil seleksi jalur SPAN-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 2 April 2024 melalui laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/ dengan memasukkan nomor pendaftaran.

Pendaftaran SPAN PTKIN IAIN SAS Babel (Istimewa/ IAIN SAS Babel)

Pada jalur SPAN-PTKIN tahun 2024 ini, IAIN SAS Bangka Belitung menyediakan 14 program studi keagamaan:

Fakultas Tarbiyah :1. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI);2. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD);3. Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI);4. Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA);5. Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI).

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam :1. Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI);2. Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI);3. Prodi Psikologi Islam (PI);4. Prodi Jurnalistik Islam (JI).

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam :1. Prodi Perbankan Syariah (PS);2. Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah);3. Prodi Akuntansi Syariah (AKS).4. Pariwisata Syariah (Parsi)5. Hukum Ekonomi Syariah (HES)

Ketika mendaftar, siswa tidak perlu membayar uang pendaftaran (gratis) dan tidak perlu ujian/tes. Siswa bisa memilih dua PTKIN yang diminati dan dua program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.

Selain itu, urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Jadi, calon pendaftar harus jeli dalam memilih program studi dan PTKIN yang akan dituju.

Untuk mengetahui lebih detail tentang informasi SPAN-PTKIN tahun 2024 bisa mengunjungi website https://span.ptkin.ac.id/ , Dan apabila masih terdapat kendala dapat menghubungi Helpdesk SPAN PTKIN melalui laman https://sapa.ptkin.ac.id atau Call Center: (Whatsapp) 0857-6872-3500, (Telp) 0857-6872-3600 (Email) [email protected] pada jam layanan : 08.00 s.d. 16.00 WIB. (*/E1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *