Khusus Fresh Graduate! Pemerintah Siapkan Lowongan 200 Ribu ASN, Penempatan di IKN

Pemerintah bersiap membuka lowongan 200.000 aparatur sipil negara (ASN) yang akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA – Pemerintah bersiap membuka lowongan 200.000 aparatur sipil negara (ASN) yang akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Lowongan ini dikhususkan bagi lulusan baru atau fresh graduate.

Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas seusai mengikuti rapat kabinet di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/2/2024).

“Kami, tadi dapat arahan dari Pak Presiden terkait soal rencana rekrutmen ASN fresh graduate yang jumlahnya lebih dari 200.000,” ujar Azwar Anas.

“Pak Presiden tadi memerintahkan ke kami untuk mengulangi lagi bahwa rekrutmen ASN yang fresh graduate ini terutama untuk pemerintah pusat semuanya untuk (pindah) di IKN,” imbuhnya.

Oleh karenanya, menurut Anas, saat ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) meminta seluruh kementerian dan lembaga mengusulkan formasi untuk rekrutmen fresh graduate tersebut.

Baca juga: Siap-siap, Seleksi CPNS 2024 Tahap Pertama Dibuka Mei. Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

Namun, dia mengatakan, usulan dari masing-masing instansi itu juga akan dicek ulang oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Kerena nanti, formasinya ini terutama untuk talenta digital, kemudian mereka yang berlatar belakang literasi digital dan administrasi, seperti untuk inspektur dan lain-lain,” ujar Anas.

“Jadi, yang ke IKN punya kompetensi yang berbeda atau kompetensinya lebih, yang totalnya 250 ribuan, yang nanti akan kami alokasikan untuk IKN,” katanya.

Hanya saja, Anas belum bisa memastikan kapan para ASN fresh graduate tersebut ditempatkan di IKN.

Menurut dia, bisa saja penempatan langsung dilakukan tahun ini, pada 2025, atau 2026.

Sebelumnya, Anas menyebutkan bahwa ada sejumlah persyaratan kompetensi ASN yang akan dipindahkan ke IKN.

Di antaranya, menguasai literasi digital dan prinsip IKN.

“ASN yang pindah ke IKN nantinya harus menguasai literasi (digital literacy), multitasking, menguasai substansi mengenai prinsip IKN, serta mampu menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif),” ujar Anas dilansir siaran pers di laman resmi Kemenpan RB pada 22 Februari 2024.

Baca juga: Siap-siap, Rekrutmen Bersama BUMN akan Dibuka Maret. Ada Formasi untuk Lulusan SMA/SMK

Anas menjelaskan, IKN akan menerapkan pola kerja terpadu dengan fleksibilitas waktu dan lokasi mendukung sistem kerja kolaboratif, berpikir cepat, dan tangkas.

“Karenanya, perlu talenta-talenta digital yang siap untuk mendorong akselerasi roda pemerintahan di IKN,” katanya.

Anas menekankan bahwa strategi perpindahan menuju IKN tidak hanya perpindahan fisik semata tetapi juga perubahan paradigma tata kelola pemerintahan terpadu secara nasional menuju Smart Government.

Sehingga, nantinya dibutuhkan dukungan digitalisasi sistem pemerintahan. (Kompas.com/Dian erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemerintah Segera Buka Rekrutmen ASN untuk Penempatan di IKN, Kuota Lebih dari 200.000”.

Baca juga: Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Meningkat, Ini 5 Persoalan yang Dialami Jateng saat Arus Mudik

Baca juga: 150 Hektare Lahan Pertanian Bawang di Brebes Terendam Banjir, Petani Terpaksa Panen Dini

Sumber: Kompas.com

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *