Harga Beras Premium Masih Tinggi, Saat Operasi Pasar 2 Ton Beras Bulog Dalam 1 Jam Habis Terjual

Harga beras premium di Pangkalpinang melambung tinggi, beras Bulog pun diborong pembeli, hanya dalam 1 jam 2 ton ludes dibeli

BANGKAPOS.COM,BANGKA – Harga beras premium di pasaran di Pangkalpinang saat ini masih sangat tinggi.

Harga jual beras premium di pasar ataupun toko-toko di Pangkalpinang berkisara di harga Rp79.000 hingga mencapai Rp85 ribu per kemasan 5 kilogram tergantung dengan merek.

Kenaikan harga beras saat ini ternyata ikut berdampak terhadap permintaan beras medium (SPH Bulog) yang terjadi peningkatan.

Pimpinan Cabang Perum Bulog Cabang Bangka Akhmad Fahmi Yasin mengatakan, tingginya permintaan beras SPHP Bulog ini terlihat setiap diadakan operasi pasar murah oleh pihaknya, total 2 ton beras yang disediakan ludes terjual dalam hitungan jam.

Tak hanya saat operasi pasar murah, kata Fahmi Bulog juga berupaya untuk menahan laju inflasi dari sisi suplai dengan menambah pasokan beras SPHP Bulog di pasaran ataupun toko dan retail modern yang ada di Kota Pangkalpinang.

“Jadi memang setiap mengadakan operasi pasar, stok yang jita sediakan 2 ton ini, satu jam sudah habis. Karena animo masyarakat tinggi untuk beras SPHP saat ini. Karenaketika beras preium mahal banyak yang beralih ke Beras SPBP Bulog dengan kuslitas yang baik dan harga jual yang sesuai dengan HET,” ungkap Fahmi, Rabu (28/2/2024).

Dia menuturkan, keberadaan perum Bulog turut berfokus dalam menyediakan stok beras medium. Sedangkan untuk beras premium pihaknya hanya menyediakan terlebih ada peluang bisnis.

“Kami Bulog yang wajib di stok hanya beras CBL dam medium. Dan ini rutin setiap dua bulan kita stok. Tapi untuk premium ini skemanya bisnis. Kami mengadakan ketika ada peluang menjual. Kalau sekarang ini untuk premium kita (Bulog) kesulitan karena sekaranh beras premium sendiri sudah melebihi modal untuk dipasarkan sesui HET. Dan kami terkendala untuk penyedian beras premium ini,” ujarnya.

Dia memastikan ketersedian beras medium saat ini aman dengan stok yang tersedia sebanyak 700 ton.

“Jadi kondisi beras saat ini naik karena panen terhambat. Dan apabila sudah panen seharusnya sudsh bisa menyesuaikan atau tidak setinggi harga saat ini. Masyarakat tidak usa panik, ketersedian beras ada. Stok sekarang untuk bulog ada 700 ton dan akan ada penambahan stok dan Beras bulog sendiri tersedia di toko atau pasaran,” tuturnya.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *