Bangka Tengah Punya 42 Perpustakaan Desa, Bakal Diusulkan ke Pusat untuk Dikembangkan

Puluhan perpustakaan desa ini akan diusulkan ke Perpustakaan Nasional agar dikembangkan baik dari sarana prasaran serta sumberdaya manusia (SDM)

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sudah memiliki 42 perpustakaan desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Puluhan perpustakaan desa ini akan diusulkan ke Perpustakaan Nasional agar dikembangkan baik dari sarana prasaran serta sumberdaya manusia (SDM).

“Iya sudah kita usulkan, untuk mendapat bantuan sesuai arahan harus diusulkan dulu baru bisa mendapat bantuan pengembangan,” ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah, Elly Irsah, Jumat (1/3/2024).

Dia mengaku Pemkab melakukan pembinaan kepada perpustakaan desa dan kelurahan agar tetap eksis.

“Dalam setahun bisa sekali atau dua kali diberikan pembekalan, kita harap perpustakaan ini terus aktif,” katanya.

Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional, Drs Supriyanto, mengatakan perpustakaan di desa akan dilakukan pengembangan.

“Tahun 2024, perpustakaan nasional akan mengembangkan perpustakaan desa, ada sekitar 10 ribu yang akan kami bantu baik itu buku, bimtek tenaga dan peralatan,” kata Drs Supriyanto.

Pengembangan perpustakaan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kegemaran membaca dan optimalisasi penggunaan perpustakaan.

“Jadi ke depan perpustakaan tidak hanya memberi layanan tetapi ruang terbuka untuk publik serta meningkatkan keterampilan dan pengetahuan,” katanya.

Dia mengatakan perpustakaan desa melalui Pemkab bisa mengusulkan agar mendapat pengembangan dari pusat.

“Iya semua kabupaten kota akan kami fasilitasi, untuk diberikan bantuan, harus diusulkan. Perpustakaan yang dibantu harus ada fisik dulu, jadi prioritaskan yang itu dulu, nanti dikembangkan koleksi dan SDM-nya,” katanya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *