Mudahkan Wisatawan Berstransaksi, BI Aceh Bangun Ekosistem QRIS Lewat Sabang Marine Festival

Dalam event tahunan ini, Bank Indonesia atau BI Perwakilan Aceh turut meresmikan ekosistem pembayaran digital di Pelabuhan Balohan Sabang.

Dalam event tahunan ini, Bank Indonesia atau BI Perwakilan Aceh turut meresmikan ekosistem pembayaran digital di Pelabuhan Balohan Sabang.

Laporan Firdha Ustin | Sabang 

SERAMBINEWS.COM, SABANG – Sistem Pembayaran digital, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) resmi menjajal kota Sabang dalam event tahunan Sabang Marine Festival. 

Event ini dibuka di kawasan Menara Merah Putih, Kota Sabang, Jumat (1/3/2024) sore. 

Dalam event tahunan ini, Bank Indonesia atau BI Perwakilan Aceh turut meresmikan ekosistem pembayaran digital di Pelabuhan Balohan Sabang.

Deputi Kepala BI Perwakilan Provinsi Aceh, Prabu Dewanto, mengatakan, launching ekosistem pembayaran digital di Pelabuhan Balohan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan wisatawan dalam bertransaksi. 

Apalagi Sabang merupan kota wisata.

“Launching ekositem digital ini di Balohan merupakan bentuk kerja sama dengan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dan Pemerintah Kota (Pemko) Sabang

Ini upaya kita untuk memasyarakatkan QRIS terutama turis yang datang ke sini mendapatkan experience mengenai transaksi non-tunai atau digital,” kata Prabu saat ditemui Serambinews.com usai pembukaan Sabang Marine Festival.

Seorang pengunjung asal Banda Aceh melakukan scan QR pembayaran digital QRIS untuk berbelanja di kawasan Sabang Marine Festival, Jumat (1/3/2024) (SERAMBINEWS.COM/FIRDHA USTIN)

Baca juga: Flyboard & Ragam Atraksi Lainnya Meriahkan Pembukaan Sabang Marine Festival, Event Ini Hingga Lusa

Penggunaan QRIS meski sudah lama diaplikasikan oleh sebagian masyarakat, namun dengan adanya peresmian ekosistem digital tersebut diharapkan dapat mempromosikan kembali QRIS bagi masyarakat luas dan dapat meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke Sabang.

Prabu melanjutkan, dengan adanya QRIS dinilai jauh lebih gampang melakukan transaksi, sehingga pembayaran digital ini terus digalakkan. 

Maka dengan pemberlakuan QRIS di Sabang, diharapkan ke depannya dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sabang dan memudahkan mereka dalam bertransaksi terutama wisatawan luar negeri dengan menggunakan Qris Cross-Border.

“Pakai QRIS itu gampang, bisa bertransaksi di banyak tempat. Ketika mereka (wisatawan) datang gak cuma di Pelabuhan, tapi begitu juga dengan kuliner dan hotel juga bisa melakukan itu,” tambahnya.

Di sisi lain, Prabu menjelaskan alasan mengapa memilih Pelabuhan Balohan Sabang menjadi lokasi utama dalam sistem pemberlakuan QRIS

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *