Kena Serangan Stroke, Warga Amerika yang Menumpang Kapal Viking Cruises Dievakuasi Tim SAR

Tim SAR gabungan melakukan medical evacuation (medevac) terhadap seorang penumpang kapal pesiar Viking Cruises

TRIBUNBANYUMAS.COM, Tim SAR gabungan melakukan medical evacuation (medevac) terhadap seorang penumpang kapal pesiar Viking Cruises yang mengalami serangan stroke.

Sedianya Viking Cruises hendak melakukan pelayaran dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Ho Chi Minh Vietnam pada sabtu (2/3/24) malam pukul 17.55 WIB.

Adapun penumpang yang mengalami stroke adalah Caldwell Besair Pearl (P), umur 70 tahun berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Posisi kapal saat kejadian berlangsung berada di perairan utara Semarang pada 35 NM atau 64,82 KM dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Pada pukul 21.40 WIB Kami menerima info dari agen kapal bahwa ada penumpang yang mengalami serangan stroke dan butuh evakuasi medis segera, sehingga kami langsung mengirimkan kapal kami KN. SAR Sadewa untuk melakukan evakuasi” terang Budiono, Kepala Basarnas Semarang.

Baca juga: Ada Jejak Telapak Kaki di Tanggul, Pria Tua di Cilacap yang Hilang Dicari Tim SAR di Sungai

Masih berdasarkan keterangan Budiono, pukul 22.00 WIB bersama dengan tim dari Polairud, KKP (Karantina dan Kesehatan Pelabuhan), KSOP, SROP dan Juga perwakilan agen kapal.

Dengan menggunakan KN. SAR Sadewa, tim melakukan evakuasi. KN. SAR Sadewa intercep/memotong jalur di 10 NM agar lebih cepat dalam penjemputan.

“Jadi kapal pesiar Viking Cruiser kembali ke arah Semarang dan berjumpa dengan KN. SAR Sadewa di titik jarak 10 Nautical Mile untuk proses transfer perpindahan survivor” Lanjut Budiono kemudian.

Akhirnya pada pukul 12 dinihari KN. SAR Sadewa berhasil sandar kembali di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan membawa survivor.

Baca juga: Hati-hati Saat Melintas Kebumen, Polisi Gelar Razia Mulai Besok sampai Dua Pekan

Selanjutnya survivor dibawa ke rumah sakit Columbia Asia Kalibanteng Semarang dengan menggunakan ambulan milik RS. Columbia Asia.

“Pukul 00.04 WIB survivor dibawa oleh Ambulan Columbia Asia untuk dibawa RS. Columbia Asia untuk penanganan lebih lanjut. Terimakasih untuk semua pihak yang terlibat sehingga penanganan ini bisa cepat kita lakukan” pungkas Budiono.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *