Jumlah Partisipasi Pemilih Pemilu 2024, KPU Pangkalpinang Sebut di Atas Target Nasional

Partisipasi masyarakat pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden menunjukkan angka tertinggi yakni sebesar 83,15 persen

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kota Pangkalpinang merilis jumlah partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Pangkalpinang, Margarita mengatakan secara keseluruhan, partisipasi pemilih di Kota Pangkalpinang di antara 81-83 persen atau sudah berada di atas target partisipasi nasional.

Margarita menjelaskan apabila dilihat lebih rinci, partisipasi masyarakat pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden menunjukkan angka tertinggi yakni sebesar 83,15 persen.

“Untuk pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat (DPR RI) partisipasi pemilih 82,42 persen. Untuk pemilihan anggota dewan perwakilan daerah itu sebesar 82,42 juga,” ujar Margarita, Senin (4/3/2024).

Tak hanya itu, Margarita juga memaparkan jika pada jumlah pemilih pada pemilihan Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung sebesar 81,88 persen.

Sementara untuk partisipasi pada pemilihan anggota DPRD Kota Pangkalpinang, tercatat sebesar 81,59 persen.

“Dari angka-angka itu menunjukkan tidak adanya penurunan partisipasi pemilih dari Pemilu sebelumnya. Angkanya sama, hanya beda nol koma saja,” sebutnya.

Menurutnya, dari data-data tersebut juga menunjukkan jika kesadaran masyarakat Kota Pangkalpinang dalam Pemilu juga cukup positif.

“Yang jelas, (partisipasi) kita masih di atas target partisipasi nasional, yang di angka 80 persen,” ucapnya.

(Bangkapos.com/Rifqi Nugroho)

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *