Program Angkutan Motor Gratis Motis Stasiun Purwokerto, Cara Daftar dan Persyaratan

Angkutan Motor Gratis atau Motis kembali digelar di wilayah Daop 5 Purwokerto pada masa angkutan Lebaran 2024 ini

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO – Angkutan Motor Gratis atau Motis kembali digelar di wilayah Daop 5 Purwokerto pada masa angkutan Lebaran 2024 ini. Berikut cara mendaftar dan persyaratannya.

PT Daop 5 Purwokerto mendukung program dari PT Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan

Motis adalah program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik beserta dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis. 

Baca juga: Daop 5 Purwokerto Ajak Pelanggan Ngopi Bareng KAI 2024, Diskon 20 Persen untuk Tiket KA Jarak Jauh

Sejumlah petugas mengangkut sejumlah sepeda motor yang diikutkan dalam program Motor Gratis (Motis) di Stasiun Purwokerto pada musim Lebaran 2023. (ist/daop 5 purwokerto)

“Adapun tujuan diselenggarakannya program Motis ini supaya jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan.

Sehingga, tingkat keselamatan meningkat,” ujar Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih kepada Tribunbanyumas.com, dalam keterangan tertulis, Selasa (5/3/2024). 

Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret sampai dengan 18 April (46 hari).

Pendaftaran secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id atau langsung melalui Posko Motis di Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.

Baca juga: Libur Isra Miraj dan Imlek, KAI Daop 5 Purwokerto Berangkatkan 48.632 Penumpang

Angkutan mudik Motis akan diberangkatkan pada 2 sampai 8 April.

Sedangkan angkutan balik Motis dilaksanakan pada 13 April sampai 19 April 2024. 

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu Lintas Utara dengan rute: Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang.

Lintas Tengah dengan rute: Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo.

Kemudian, Lintas Selatan dengan rute: Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Masyarakat dapat menikmati layanan tarif hanya Rp10 ribu apabila penumpang KA Motis Utara berangkat atau naik dari Stasiun Cilegon dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan, namun akan dikenakan tarif Rp20 ribu apabila berhenti atau turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan. 

Demikian pula penumpang KA Motis Tengah yang berangkat atau naik dari Stasiun Pasarsenen dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan dikenakan tarif Rp10 ribu, namun akan dikenakan tarif Rp20ribu apabila berhenti atau turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan.

Baca juga: Tarif Khusus Tiket KA di Daop 5 Purwokerto Masih Berlangsung, Puncak Arus Libur Imlek Besok

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *