Daftar Partai yang Diprediksi Dapat Jatah Kursi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, PDIP Juara

PDIP Kota Semarang diprediksi tetap mendapatkan jatah sebagai Ketua DPRD Kota Semarang.

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG – PDIP Kota Semarang diprediksi tetap mendapatkan jatah sebagai Ketua DPRD Kota Semarang. Hal itu melihat dari hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 KPU Kota Semarang

Berdasarkan Keputusan KPU Kota Semarang Nomor 778 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Anggota DPRD Kota Semarang Tahun 2024, PDIP Kota Semarang masih menjadi partai pemenang dengan raihan suara tertinggi sebanyak 264.550 suara. Disusul, Partai Gerindra dengan perolehan 150.982 suara. Kemudian, PKS mengantongi 102.175 suara, dan Partai Demokrat memperoleh 86.262 suara. 

Dengan demikian, diprediksi PDIP tetap mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Kota Semarang dan tiga partai lain yakni Partai Gerindra, PKS, dan Partai Demokrat diprediksi mendapatkan jatah wakil ketua DPRD Kota Semarang. Komposisi ini sama seperti periode dewan yang saat ini masih berjalan.  Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, perolehan suara Pemilu 2024 ini sesuai target yang direncanakan yakni menjadi partai pemenang Pemilu 2024 di ibu Kota Jawa Tengah. PDIP tetap bisa mempertahankan menjadi pemenang pemilu meski dari segi perolehan kursi mengalami penurunan dari semula 19 menjadi 14 kursi. 

Baca juga: Yuk Ikuti Jadwal Ngaji Pasanan Gus Mus, Ini Daftar Kitab yang Dibacakan

“Alhamdulillah target hattrick berhasil kita capai, dengan jumlah perolehan suara sekitar 264 ribu,” sebut Pilus, sapaannya, Rabu (6/3/2024). 

Sesuai aturan yang ada, sambung dia, partai pemenang mendapatkan jatah kursi ketua DPRD Kota Semarang. Namun, dia belum dapat memastikan sosok yang bakal menjadi ketua DPRD. 

Dilihat dari perolehan suara, Pilus yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Semarang memang mendulang suara terbanyak mencapai 19 ribu lebih suara. Namun, dirinya tetap menunggu rekomendasi dari DPP atas usulan dari DPC PDI-P Kota Semarang.

“Kalau itu (sosok ketua DPRD) nunggu keputusan partai ya. Yang jelas tinggal nunggu perintah DPP,” ucapnya. 

Senada, Ketua Bapilu Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengatakan, Partai Gerindra juga tetap menunggu dari DPP.

Prosesnya, nama akan diserahkan DPP melalui DPD. Semua kader dari Partai Gerindra yang lolos kursi parlemen memiliki peluang sama menjadi wakil ketua DPRD. Pada Pemilu 2024 ini, Partai Gerindra diprediksi mendapatkan tujuh kursi.

Artinya, tujuh caleg terpilih nanti memiliki peluang yang sama. Nanti akan ada evaluasi kinerja tingkat DPC. Sedangjan keputusan berada di DPP. 

Baca juga: Awal Ramadan Libur, Berikut Surat Edaran Kemenag terkait Pembelajaran Selama Bulan Puasa

“Menurut tata tertib dan UU, partai pemenang mendapatkan jatah ketua, dan tahun ini Gerindra mendapatkan jatah wakil ketua,” ucapnya.

Begitu pula PKS, diprediksi mendapat jatah wakil ketua DPRD. PKS diprediksi mendapatkan enam kursi parlemen. 

Ketua DPD PKS Kota Semarang, Suharsono mengatakan, hingga saat ini belum ada penetapan calon dari KPU. Pihaknya pun masih menunggu penetapan secara resmi dari KPU. Di sisi lain, pihaknya juga menunggu perintah DPP. 

“Kalau yang berpeluang dapat pimpinan DPRD yang menentukan dari pusat. Aturan yang buat pusat. Kami belum dapat surat perintah dari DPP mekanismenya bagaimana,” jelasnya. 

Baca juga: Tiga Remaja Loncat ke Sungai Hindari Tawuran di Brebes, Dua di Antaranya Ditemukan Tewas

Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat, Wahyoe Winarto menyampaikan, melihat perhitungan rekapitulasi KPU, jatah pimpinan memang komposisinya sama seperti periode saat ini berjalan. Satu diantaranya, Partai Demokrat yang diprediksi mendapatkan jatah wakil ketua DPRD.

Hanya saja, pihaknya mengaku belum ada nama siapa calon yang akan duduk sebagai wakil ketua DPRD dari Partai Demokrat. Kewenangan itu berada di DPP. 

“Dari rapat rakerda, kalau ketua DPC mencalonkan diri, partai dapat jatah pimpinan itu memang ketua DPC yang jadi pimpinan. Tapi, Kami tetap meminta persetujuan dari DPP. Kami serahkan ke DPP,” jelasnya. (eyf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *