Partisipasi Warga Banda Aceh pada Pemilu 2024 Meningkat, Capai 81,48 Persen

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di Banda Aceh, tingkat partisipasi pemilih mencapai 81,48 persen.

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh mencatat bahwa tingkat partisipasi warga untuk mencoblos pada Pemilu 2024 meningkat dari Pemilu 2019.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di Banda Aceh, tingkat partisipasi pemilih mencapai 81,48 persen.

Ketua KIP Banda Aceh, Yusri Razali mengatakan, partisipasi pemilih pada pemilu 2024 di Banda Aceh cukup tinggi dibandingkan pada pemilu 2019 yang hanya 78,63 persen.

Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024 berjumlah 169.146 yang menggunakan hak pilih mencapai 137.825 jiwa.

“Pada Pemilu tahun 2019, partisipasi pemilih di Banda Aceh hanya 78,63 persen, sedangkan pada Pemilu tahun 2024 mencapai 81,48 persen, jadi naik 2,83 persen, ungkap Yusri kepada Serambinews.com, Kamis (7/3/2023).

Baca juga: Banda Aceh Raih Piala Adipura, Ketua DPRK Sebut Pasukan Orange Pahlawan

Baca juga: Selain PKS, Perolehan Suara Gerindra di Aceh Tamiang Juga Naik 3.451 Suara

Kenaikan tingkat partisipasi pemilih ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Banda Aceh, partai politik, ormas, OKP, media serta stakeholder lainnya dalam melakukan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat.

Selain itu juga berkat dukungan pemerintah gampong, keuchik, tuha peut dan ketua pemuda dalam mengajak masyakat untuk memberikan suaranya pada Pemilu Tahun 2024.

Sejak awal tahapan Pemilu 2024, kata Yusri, KIP Banda Aceh terus melakukan berbagai upaya sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada semua lapisan masyarakat, termasuk pemilih pemula dan disabilitas.

“Sebelumnya kita pernah membuat rapat koordinasi dengan seluruh keuchik, tuha peut dan ketua pemuda di Kota Banda Aceh untuk ikut berpartisipasi dalam sosialisasi Pemilu Tahun 2024 kepada warganya,” ungkap Yusri.

Lebih lanjut Yusri Razali menjelaskan, saat ini masyarakat Banda Aceh sudah semakin sadar akan pentingnya berpartisipasi dalam Pemilu untuk membangun demokrasi yang kuat dan stabil. 

Semakin banyak partisipasi masyarakat dalam pemilu, semakin besar juga kekuatan politik yang dimiliki oleh masyarakat untuk mempengaruhi keputusan pemerintah.

“Terima kasih kepada warga Kota Banda Aceh yang sudah menggunakan hak pilihnya, juga kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024,” pungkas Yusri.(*)

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *