Setop Eksploitasi Besar-besaran Demi Masa Depan

Sebenarnya kita sudah ada beberapa kerjasama dengan APH, baik itu kepolisian, kejaksaan dan APH yang lain. Ini sebenarnya kita coba berkonsultasi…

PENYIDIKAN kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di IUP PT Timah Tbk periode 2015-2022 oleh Kejaksaan Agung RI berdampak pada psikologis karyawan PT Timah Tbk.

Pun masyarakat penambang di Babel resah karena bingung menjual hasil tambang yang mereka peroleh.

Direktur Utama PT Timah Tbk, Ahmad Dani Virsal mengaku ada beberapa hal yang dilakukan perusahaan terhadapketidaknyamanan karyawan pascapengusutan kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di IUP PT Timah Tbkperiode 2015-2022 oleh Kejaksaan Agung RI. Begitu juga untuk menjawab kebingungan masyarakat penambang di Babel.

Dani Virsal optimistis PT Timah Tbk bakal lebih baik di tahun 2024 ini.

Berikut petikan wawancara eksklusif Bangka Pos dengan Ahmad Dani Virsal, Dirut PT Timah Tbk yang dipandu Editor InChief Bangka Pos, Ade Mayasanto di Studio Bangka Pos pada Sabtu (2/3) malam:

Bagaimana Anda memberikan rasa nyaman kepada teman-teman di PT Timah?

Sebenarnya kita sudah ada beberapa kerjasama dengan APH, baik itu kepolisian, kejaksaan dan APH yang lain. Ini sebenarnya kita coba berkonsultasi, sebelum ada kejadian mendingan kita ngobrol dulu dan ini yang menjadi penyemangat kita juga.

Jadi dari sisi regulasi kita coba berdiskusi sebagai pendamping. Kita sudah ada MoU dengan kejaksaan, baik itu di tata usaha negara maupun di legal opinion. Setiap kegiatan kita yang beresiko, coba kita gandeng APH untuk ikut mendampingi kegiatan kita, jadi kita lebih yakin.

Sebenarnya hal ini sudah biasa, mungkin tidak se-intens sekarang.

Jadi ini bagaimana kita coba meminta pendampingan dan konsultasi tentang kegiatan-kegiatan yang kita lakukan. Kalaudidampingi dari awal, mungkin bisa membuat teman-teman lebih merasa aman.

Baca juga: Dani Virsal Blak-blakan Tantangan Berat 4 bulan Terakhir

Baca juga: Lapangan Bola jadi Kaveling, Kejari Tetapkan Lurah Paal Satu Tersangka

Saya ada dapat kabar bahwa untuk kuartal 1 terakhir, pendapatan PT Timah cukup lumayan, bagaimana pendapat anda?

Ini kemampuan survival, di masa krisis seperti ini kita perlu melakukan inovasi-inovasi. Baik dari segi teknologi, maupun metode, ini berkembang supaya bagaimana kita menambang lebih ekonomis. Bagaimana kita meningkatkan produktivitas yang ada agar bisa survive melewati masa-masa kritis dan bisa me-recover kembali perusahaan ini.

Saya yakin kalau semua pihak dengan frame yang optimis, ini bisa dilakukan. Paling tidak kita lebih baik dari tahun 2023.

Apakah masa depan timah di Bangka Belitung itu masih besar? Kirakira berapa tahun lagi kira berapa tahun lagikita bisa memaksimalkan timah di Bangka Belitung?

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *