Besok, Donor Darah di Alun-alun Bireuen, Puasa, UTD RSUD dr Fauziah Juga Buka Layanan, Ini Jadwalnya

Penanggung jawab ruang UTD RSUD dr Fauziah Bireuen, Wardati SKM, menyampaikan hal ini, Jumat (8/3/2024) terkait antisipasi kebutuhan darah selama bula

Penanggung jawab ruang UTD RSUD dr Fauziah Bireuen, Wardati SKM, menyampaikan hal ini, Jumat (8/3/2024) terkait antisipasi kebutuhan darah selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Selama Ramadhan 1445 Hijriah, Unit Transfusi Darah atau UTD RSUD dr Fauziah membuka layanan donor sukarela sebelum pukul 10.00 WIB. 

Kemudian malam hari seusai Shalat Tarawih hingga pukul 00.00 WIB.

Penanggung jawab ruang UTD RSUD dr Fauziah Bireuen, Wardati SKM, menyampaikan hal ini kepada Serambinews.com, Jumat (8/3/2024) terkait antisipasi kebutuhan darah selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah

Wardati mengatakan untuk sementara stok darah di UTD RSUD dr Fauziah Bireuen aman karena ada kegiatan donor darah di sejumlah lokasi dalam beberapa hari terakhir. 

“Kami berupaya bekerja sama dengan semua pihak, untuk memperoleh persediaan minimal 400 kantong darah dalam bulan puasa dari kebutuhan satu bulan 600 sampai 800 kantong per bulan,” sebutnya. 

Wardati mengatakan pada Kamis (7/3/2024), Yayasan Zurisma Peusangan menggelar donor darah, sehingga  diperoleh 47 kantong. 

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Qatar 2024: Debut Bocah Ajaib Mengancam, Martin Tercepat, Marquez Tembus 4 Besar

Keesokannya atau hari ini, Jumat (8/3/2024) kegiatan donor darah berlangsung di  Gampong Bireuen Meunasah Blang, Kecamatan Kota Juang. 

Kemudian besok Sabtu (9/3/2024), Palang Merah Indonesia atau PMI Bireuen akan menggelar donor darah di Alun-alun Kota Bireuen, setelah itu belum ada jadwal. 

“Sebagai upaya memenuhi ketersediaan darah pada bulan puasa, di UTD RSUD dr Fauziah membuka pelayanan donor darah sukarela pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB. 

Syaratnya warga yang mau donor, ada makan sahur. 

Kemudian petugas juga membuka layanan selesai shalat tarawih sampai pukul 00.00 WIB, langsung datang ke UTD di belakang IGD RSUD dr Fauziah Bireuen,” jelas Wardati. 

Wardati mengharapkan dengan adanya partisipasi warga mendonor darah pada bulan puasa, maka ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan terpenuhi. 

Baca juga: Sempat Hilang Kontak, Pesawat Smart Aviation Diduga Jatuh di Pegunungan Batu Narit

“Biasanya selama puasa kebutuhan darah normal dan tergantung pasien yang membutuhkan, mengantisipasi maka kami melaksanakan donor darah di UTD. 

Siapa saja yang ingin donor darah, silakan ke UTD,” harapnya. (*) 

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *