Proyek Rehab Bendung DI Krueng Pase Gagal, Ribuan Hektare Sawah di Aceh Utara Kekeringan

Bahkan, proyek rehab Bendung DI Krueng Pase dengan masa pengerjaan tahun 2021-2022, bernilai kontrak Rp 44,8 miliar, gagal dituntaskan PT Rudi Jaya.

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Ribuan hektare areal persawahan yang sudah ditanami padi dalam sejumlah kecamatan di Aceh Utara dilanda kekeringan sehingga menyebabkan pertumbuhan padi menjadi lambat dan daun padi mulai menguning.

Bahkan sebagian petani mengalami gagal panen seperti yang dialami sejumlah petani di Kecamatan Tanah Luas.

Kondisi ini terjadi karena sejak tahun 2020 sampai Maret 2024, petani tidak mendapatkan aliran air dari Bendung Daerah Irigasi (DI) Krueng Pase yang berada di perbatasan Desa Leubok Tuwe, Kecamatan Meurah Mulia dengan Desa Maddi, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara.

Pasalnya, saluran alternatif yang dijanjikan akan dibangun rekanan untuk mengaliri air dari Krueng Pase ke areal sawah, juga tidak direalisasikan.

Bahkan, proyek rehab Bendung DI Krueng Pase dengan masa pengerjaan tahun 2021-2022, bernilai kontrak Rp 44,8 miliar, gagal dituntaskan PT Rudi Jaya.

Sayangnya pemerintah pasif dalam persoalan ini.  

Kondisi ini berdampak terhadap 8.922 hektare, sawah dalam delapan kecamatan di Aceh Utara dan satu kecamatan di Lhokseumawe tak bisa digarap dari tahun 2020 sampai sekarang.

Pun demikian, belum ada upaya konkrit dari pemerintah terhadap persoalan tersebut. Lalu sebagian petani pada akhir 2023 dan awal 2024, mulai menggarap sawahnya dengan tadah hujan.

Data yang diperoleh dari Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Aceh Utara jumlah areal sawah kering dalam tujuh kecamatan di Aceh Utara mencapai 2.064 hektare.

Masing-masing, 415 hektare yang tersebar dalam 32 desa di Kecamatan Meurah Mulia.

Kemudian 180 hektare tersebar dalam 13 desa di Kecamatan Matangkuli.

Selanjutnya 238 hektare berada dalam 12 desa di Kecamatan Nibong.

Lalu di Kecamatan Baktiya Barat mencapai 581 hektare yang tersebar dalam 12 desa. Seterusnya, di Kecamatan Samudera luas areal sawah yang kering capai 277 hektare.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *