Dapatkan Penambahan Kursi DPRD, PKB Bangka Belitung : Efek Ekor Jas Cak Imin Cawapres

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat ini hampir dipastikan memperoleh dua kursi

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Berdasarkan data form Model D Hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU Provinsi Bangka Belitung (Babel) menunjukkan, beberapa partai tercatat mendapatkan penambahan kursi legislatif tingkat Provinsi.

Satu di antaranya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang pada periode 2019-2024 tidak memiliki wakil di DPRD Provinsi Bangka Belitung, saat ini hampir dipastikan memperoleh dua kursi.

Sekretaris DPW PKB Bangka Belitung, Agam Dliya Ul-Haq mengatakan hasil itu tidak terlepas dari kesiapan kader yang maju di pemilihan dan juga efek ekor jas pencalonan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin selaku Ketua Umum, sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

“Coattail effect menjadi faktor salah satu utama, kebangkitan PKB di Babel. Dikarenakan secara tidak langsung sosok Gus Muhaimin sebagai Cawapres membawa secara langsung kenaikan elektabilitas PKB,” ujar Agam, Kamis (14/3/2024).

Menurut Agam, faktor lain yang membuat bertambahnya kursi PKB baik itu di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota karena partainya mampu mengumpulkan ceruk suara terutama dari kaum Nahdliyyin.

“Pleno Kabupaten dan Provinsi PKB meraih dua kursi DPRD provinsi yang sebelumnya tidak ada kursi, untuk Kabupaten di 2024 meraih 15 kursi yang sebelumnya 2019 hanya tujuh kursi.

Faktor pendorong yang paling utama adalah kesiapan kader yang maju untuk Pileg 2024 serta para caleg memiliki basis tersendiri dan PKB mampu mendeteksi ceruk suara yang pas, Karena PKB memiliki target suara tersendiri yaitu salah satunya berbasis agama yakni masyarakat Nahdliyyin atau NU dan kemudian captive market menyasar juga di basis luar NU,” tambahnya.

Lebih lanjut, Agam juga menyebutkan dari hasil dalam pelaksanaan Pemilu 2024 ini jajarannya siap membawa warna baru dalam poses Pemerintahan di Bangka Belitung.

“Kami dari DPW PKB Bangka Belitung mengucapkan terima kasih kepada masyarakat. Serta tidak lupa kepada KPU, Bawaslu tingkat Provinsi/Kabupaten, PPK/Panwascam, PPS/PKD, KPPS dan PTPS yang telah berkerja dengan baik di Pemilu 2024 ini,” terangnya.

(Bangkapos.com/Rifqi Nugroho)

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *