Remaja Masjid Oman Gelar Daurah Al Qur’an, Diikuti 300-an Peserta

Suksesnya kegiatan ini menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap Al Qur’an sudah semakin baik.

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Remaja Masjid Oman Al Makmur kembali menggelar Daurah Al Qur’an Ramadhan 1445 H. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini akan berlangsung selama 20 hari, mulai 13 Maret hingga 3 April 2024 di Masjid Oman Al Makmur, Lampriet, Banda Aceh.

Program itu dibuka oleh Keuchik Gampong Bandar Baru, Yuliansyah Yunus, ST, Rabu (13/3/2024) di Masjid Oman Al Makmur Lampriek. Turut hadir dalam pembukaan tersebut Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Banda Aceh, Plt Ketua Umum BKM Oman Al Makmur beserta jajaran, ketua dan pengurus remaja masjid beserta para peserta dan orang tuanya.

Ketua Remaja Masjid Oman Al Makmur, Ustadz Mardani SH menjelaskan, kegiatan Daurah Al Qur’an Ramadhan kali ini merupakan yang ke-6 dilaksanakan setelah pertama sekali diadakan pada tahun 2018, kemudian terus berlanjut hingga tahun 2024 saat ini. 

“Walaupun sempat break selama 2 tahun karena Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021, namun Alhamdulillah jumlah peserta yang berpartisipasi selalu menunjukkan angka yang stabil setiap tahunnya, padahal saat ini sudah banyak sekali lembaga/organisasi yang telah melaksanakan kegiatan serupa. Hal ini menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap Al Qur’an sudah semakin baik.” ungkapnya.

Mardani menjelaskan bahwa untuk tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kali ini juga diadakan daurah di siang hari, bekerja sama dengan TPA Unggulan Al Hilal. Untuk daurah pagi diikuti oleh sekitar 253 peserta. Sedangkan daurah siang hari diikuti oleh 58 peserta. 

Mardani berharap dengan terobosan yang dilakukannya tahun ini, Masjid Oman dapat benar-benar menjadi ikon masjid Al Qur’an, karena hampir 24 jam di setiap sudut dan kesempatan ada dibacakan Al Qur’an di masjid ini. “Mungkin saat ini kita bisa lakukan kegiatan bernuansa Al qur’an di pagi dan siang hari. Barangkali ke depan ada terobosan kegiatan yang bisa dilakukan di sore dan malam hari, termasuk oleh ibu-ibu gampong yang biasanya melakukan tadarus selesai shalat shubuh, apalagi nanti di 10 malam terakhir ada kegiatan qiyamul lail, tambah semarak kegiatan Al Qur’an di masjid ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua BKM, Dr Jamil Ibrahim menyampaikan, atas nama pengurus BKM sangat bahagia atas terselenggaranya kegiatan ini di setiap tahunnya. Menurutnya, kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan Ramadhan karena berkenaan dengan semangat beraktivitas bersama Al Qur’an.(*)

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *