FKPSM Kabupaten Semarang Gagas Pembangunan Rumah Singgah

UNGARAN – Untuk meningkatkan akses pelayanan bagi para warga penyandang masalah kesejahteraan sosial, Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FKPSM) Kabupaten Semarang menggagas pembangunan rumah singgah

Hal itu dikatakan Ketua FKPSM Kabupaten Semarang Dimyati, usai pengukuhan pengurus FKPSM kabupaten setempat periode 2024-2025, di pendapa rumah dinas bupati setempat, Senin (10/6/2024) siang. Menurutnya, penanganan masalah sosial di Kabupaten Semarang relatif pelik. Masalah kemiskinan, lansia, anak terlantar dan korban kekerasan, penyandang disabilitas dan bahkan korban bencana, membutuhkan penanganan terpadu. Rumah singgah diperlukan sebagai tempat tinggal sementara para penyandang masalah sosial, sehingga mereka akan memperoleh pelayanan pendampingan yang lebih mangkus.

“Kita akan bicarakan dalam rapat kerja pengurus. Termasuk kemungkinan melibatkan pihak swasta untuk berpartisipasi,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Dimyati, dia juga memastikan lokasi rumah singgah agar dapat diakses dengan mudah dari berbagai penjuru wilayah Kabupaten Semarang. Menurutnya, Bawen akan menjadi salah satu pilihan lokasi ideal.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengimbau segenap potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS) untuk meningkatkan kerja sama, guna memberikan pelayanan sosial terbaik bagi warga yang membutuhkan. Persoalan kemiskinan ekstrem terus menjadi prioritas penanganan. Kriteria yang dinamis menjadikan persoalan ini tetap menjadi masalah dan harus ditangani secara terpadu.

“Para pekerja sosial masyarakat harus berfungsi baik dan bekerja efektif, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Ketua FKPSM Provinsi Jawa Tengah, Bambang Edy Wahono berharap para pengurus dapat melakukan konsolidasi para pekerja sosial sampai ke tingkat desa.

“Sehingga pelayanan kepada para penyandang masalah sosial bisa lebih optimal,” pungkasnya.

Penulis: Junaedi, Diskominfo Kab SemarangEditor: Di, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *