Rintis Usaha Kuliner, “Update” Terus Pengetahuan

JEPARA – Peserta pelatihan tata boga didorong untuk membekali dirinya dengan pengetahuan lain, di luar materi yang diberikan selama pelatihan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, saat memotivasi peserta pelatihan tata boga tahap kedua, di aula Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Diskop UKM Nakertrans) Kabupaten Jepara, Senin (10/6/2024).

“Namanya membuat snack , pasti akan ada satu ketika gagal. Jangan patah semangat. Coba lagi supaya berhasil. Jangan hanya berbekal pelatihan yang didapat di sini. Update terus pengetahuan, apalagi sekarang era online ,” kata Edy.

Pada kesempatan itu, sekda juga memberikan sejumlah tip untuk mengawali dan menekuni usaha kuliner. Mulai dari saling dukung antarkelompok, teknik pemasaran, hingga tip promosi melalui berbagai kegiatan.

Kepala Diskop UKM Nakertrans Kabupaten Jepara Samiaji mengatakan, peserta pelatihan mendapat materi selama lima hari, mulai Senin (10/6/2024) hingga Jumat (14/6/2024). Materi yang disampaikan pada hari pertama terkait kewirausahaan, dan empat hari berikutnya berupa praktik.

“Ini angkatan kedua. Akan berlangsung sampai Jumat (14/6/2024) mendatang. Angkatan pertama sudah selesai,” katanya.

Disampaikan, peserta angkatan kedua berjumlah 20 orang, berasal dari lima kelompok masing-masing empat orang. Untuk merintis usaha, setiap kelompok mendapat alat praktik, berupa kompor, panci, blender, oven, dan perlengkapan produksi lainnya. Selama pelatihan juga mendapat kaos, uang saku, tas, alat tulis, serta alat dan bahan praktik.

Penulis: Bakolkopi/SulismantoEditor: Di, Diskominfo Jateng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *